Selasa, 12 Mei 2009

STACKER DAN RECLAIMER


Stacker , alat penerima bahan baku dari pelabuhan dan bahan baku hasil reclaim dari stock yard 3 dan 4 yang akan di timbun di stockyard 1 dan 2 secara merata sesuai program yang telah di tentukan.
Stacker terdiri dari : Boom yang dilengkapi dengan belt conveyor, boom stacker berputar 180 derajat menuju arah stock yard1 dan 2, pergerakkan ini disebut slewing.
Selain itu boom dapat di gerakkan naik turun yang di sebut level, pengoperasian dilakukan dari cabin control dengan cara manual atau otomatis.
Level ini mempunyai 4 ( empat ) tahap : - tahap 1 sampai 3 kapasitas muatan yang di izinkan 1200 ton/ jam, untuk tahap 4 hanya sebesar 1.000 ton / jam.

Unit Peralatan di Stacker.
1. Travel Unit.
Merupakan unit yang menggerakkan stacker di stock yard, sistem ini digerakkan oleh 4 (empat) motor listrik diengkapi transmissi gear box, turbo coupling dan motor breake.
System elektrik mempunyai 3 ( tiga ) limit swicth :

• 2 (dua ) limit switch untuk membalikkan gerakan travel unit secara auto.
• 1 (satu) limit switch emergency limit switch.

Ketiga limit switch tersebut akan bekerja bilamana menyentuh stop bar.
Alat pelengkap lainnya :

• 2 (dua) buah rail claim, berfungsi sebagai rem stacker saat stand by, dilengkapi satu limit switch unttuk signa sekwensi.
• 2(dua) buah cable rel, berfungsi untuk menggulung dan mengulur cable pada saat operasi dan ada 2 (dua) cable, yang
berwarna merah untuk supply power stacker dan cable hitam untuk supply power panel control.
Sistem cable rel ini dilengkapi drum cable, motor penggerak dan guide cable, serta dua limit switch .

2. Boom Conveyor Belt.
Boom belt conveyor adalah belt penerus yang melintang sepanjang boom stacker berfungsi mendistribusikan bahan baku ke stockyarrd 1 dan 2.
3, Hoisting Unit.
Unit penggerak naik turun boom belt conveyor pada level yang ditentukan, unit
Ini digerakkan secara auto dan manual. Digerakan dengan 2 (dua) motor peng -
Gerak dan di lengkapi dengan 7 ( tujuh ) limit switch yang mengirim sinyal bila
Boom belt conveyor berada pada posisi levelnya.
Susunan limit switch tersusun dari bawah ke atas, antara lain :

a. Emergency limit switch atas.
b. Level 4.
c. Level 3.
d. Level 2.
e. Level 1.
f. Emergency limit switch bawah.
Alat pelengkap lainnya Magnetic Limit Switch terdapat pada ujung bagian bawah
Boom belt conveyor.
Alat ini dilengkapi 2 (dua) bentuk panjang dan pendek.
Kegunaan yang panjang untuk mengirim sinyal auto, agar boom conveyor naik ke level yang lebih tinggi dan bila menyentuh pellet berarti stacker menyentuh stop bar bagian barat, sedangkan yang pendek berfungsi mengirim sinyal emergency stop, jika alat ini menyentuh pellet maka stacker berhenti ( stop ).

4. Slewing Motion.
SisteM pemutar boom belt conveyor dari stockyard 1 ke stockyard 2 atau sebaliknya dan berputar 180 * , mekanik penggeraknya 2 (dua) motor slewing motion.Data teknis stacker :

Ketinggian boom dari ujung rail 12,50 meter.
Speed hoisting unit 4.00 meter / min.
Speed Travel unit 15.60 meter / min.
Time Slewing motion sampai 180 * 8.00 minute.
5.model Operasi Stacker.

Stacker di operasikan dua cara :

1, Cara Single.

Biasa digunakan untuk test dan chek tiap unit stacker oleh petugas perawatan dan di operasikan oleh operator.
Contoh : > Boom Belt Conveyor.
• Slewing motion.
• Hoisting Unit
• Travel Unit.
 Cara mengoperasikannya :
1, Masukkan kunci Main Switch ON, di tandai nyala lampu :
• Main Switch ON.
• Rail Claim.
• Lubrication Unit.
2, Pindahkan saklar operasi dari posisi stop ke posisi single.
3, Tekan Button Starting Time, tunggu sampai voltage untuk start- up dicapai
Dengan tanda menyalanya lampu Indikasi Starting Time.
4, Posisi Boom dalam keadaan transfer direction atau sejajar dengan conveyor
BS- 1.
o Putar saklar operasi slewing mation ke arah stockyard 1 atau 2
sampai keadaan boom in position pada stockyard yang dituju.
o Tekan button starting time, tunggu nyala indikasi lampu.
o Putar saklar operasi sampai hoisting ke lower dari transport level ke level yang di kehendaki, ditandai lampu indikasi level pellet nyala.

2, Cara Manual dan Automatic.
 
Prosedur Pengoperasian Manual dan Automatik.
• Putar saklar operasi dari posisi Stop ke Manual.
• Tekan botton Starting Time sampai voltage untuk start up tercapai, indikasi lampu nyala.. Boom conveyor akan berjalan dengan sendirinya ditndai nyala lampu indikasi boom belt conveyor,
• Beritahu kepada operator Control Room 1, bahwa stacker siap operasi.
• Lihat aliran pellet yang muncul dari pelabuhan atau stockyard 3 / 4 bila sudah kelihatan putar saklar operasi dari manual ke automatis, maka tavel unit bergerak ditandai nyala indikasi lampu travel unit.
• Bila Stacker menyentuh stop bar, maka stacker akan kembali ke posisi semula secara automatis demikian seterusnya.
6. Model pengoperasian Reclaimer.
Reclaimer, alat yang dilengkapi dengan boom conveyor, bucket wheel, Bridge conveyor, cariagge traverse conveyor yang terletak ditengah stockyard gunanya untuk mendistribusikan
Pengoperasian Reclaimer ada 2 (dua) cara :
1. Cara Single.
Cara ini untuk pengetesan atau pengechekan tiap unit peralatan yang ada di reclaimer oleh maintenance dan operator.
Contoh pengetesan atau perbaikan :

• Bridge Conveyor Belt.
• Bucket Wheel.
• Carriage Traverse
• Travel Unit

Cara mengoperasikannya .
1. Masukkan kunci Main Switch ON ditandai nyala nya lampu indikasi :
• Main switch ON.
• Rail Claim dan Lubrication oil unit
2. Pindahkan saklar operasi dari posisi Stop ke posisi single.
3. Tekan button Starting Time, tunggu sampai voltage penuh untuk start-up
Dicapai ditandai nyala lampu indikasi starting time.
4. Putar saklar operasi Bridge Belt Conveyor.
5. Putar saklar operasi bucket wheel, bucket akan berputar ditandai lampu
Indikasi nyala.
6. Gerakan handle ke depan atau ke belakang maka carriage traverse akan
Bergerak maju mundur di tandai nyala lampu indikasi ( bila indikasi
Lampu starting time mati, maka lampu indikasi ini harus dinyalakan
Dulu agar carriage traverse bergerak.
7.Gerakan handle kekiri kekanan maka travel unit bergerak ke arah barat
Dan timur , bila menggerakkan travel unit sementara indikasi lampu
Indikasi starting time mati maka harus dinyalakan dulu, menggerakkan
Carriage traverse dan travel unit tidak bisa bersamaan tapi harus bergan
tian.
2. Cara Manual dan Automatis.
Cara mengoperasikannya :
1. Masukan kunci Main Switch ON, ditandai nyala lampu indikasi
2. Putar saklar operasi Manual.
3. Belt conveyor BS-2 dan 3 running maka start bridge belt conveyor,bila belt conveyor running lampu indikasi bridge belt conveyor nyala.
4. Buchet wheel berputar ditandai nyala lampu indikasi .
5. Gerakkan handle travel unit ke arah barat, maka reclaimer bergerak autoditandai nyala lampu indikasi ( tidak perlu tekan starting time ).
6. Gerakkan carriage traverse untuk menempatkan buchet wheel pada ujung tumpukan pellet.
7. Bila di operasikan secara manual, lakukan hal berikut ; untuk menjalankan travel unit maka gerakkan handle kekiri (arah barat) dan kekanan ( arah timur mundur ), untuk menjalankan carriage traverse handle gerakkan ke depan ( bergeser arah selatan ), ke belakang akan begerak ke belakang ( arah utara ).
8. Bila operasi Automatis putar saklar dan posisikan ke Automatis. Jarak pergerakan travel unit dapat diatur sesuai kebutuhan, setelah travel ini diatur maka pada jarak tersebut akan berhenti dengan sendirinya dan carriage traverse pun berjalan ke arah ujung area yang lain, begitu seterusnya
Mengenal unit peralatan di Reclaimer.
Peralatan yang menggerakan reclaimer antara lain :

1. Travel Unit, merupakan unit penggerak reclaimer dari Timur ke Barat dan sebaliknya untuk perpindahan reclaimer. Travel unit di gerakan 4 (empat ) motor listrik dilengkapi Transmisi gear turbo, Turbo Coupling dan motor break.
Elektrik system dilengkapi limit switch, yaitu 2 limit switch untuk automatik gerakan travel unit dan 2 limit switch untuk emergency stop.

Pelengkap lainnya adalah ;
Lima magnetic switch gunanya untuk menetralisir gerakan roda travel unit , dua buah Rail Clamp berfungsi untuk pengerem saat reclaimer tidak running,tiap rail clamp dilengkapi satu limit switch sebagai signal operasi.juga dilengkapi dua buah cable rel yang merupakan mekanik sistem untuk menggulung dan mengulur kabel secara teratur di sepanjang stockyard. Kabel rel ini dua yaitu Kabel merah untuk power supply tegangan tinggi dan kabel hitam untuk power supply tegangan rendah di sistem panel control.
Kelengkapan kabel ini : Kabel Drum, Motor Penggerak, Guide Cable dan dua limit switch pembalik gerak motor dan emergency stop.
2. Bridge Belt Conveyor, merupakan belt conveyor penerus yang membujur di sepaanjang reclaimer, fungsinya untuk mentransfer pellet yang diambil dari bucket wheel ke Conveyor BS- 2 dan BS- 3. ..Bridge conveyor ini digerakkan sebuah motor listrik dan dilengkapi transmisi gear box, Turbo Coupling dan motor break, dilengkapi limit switch penggerak motor bridge conveyor yang bekerjanya diatur oleh chute table 
3. Carriage Traverse, berfungsi sebagai pembawa bucket whell ,disamping itu mem punyai dua limit switch emergency stop, dua magnetik monitor untuk membalik gerakan carriage travers jika reclaimer pindah posisi, serta garu yang berfungsi untuk meruntuhkan tumpukan pellet agar mudah dikeruk oleh bucket wheel.
4. Bucket wheel, fungsinya mengambil atau mengeruk pellet dari stockyard selanjutnya di transfer ke bridge belt conveyor melalui corong ( chute table ). Bucket mempunyai 8 bucket dan bergerak memutar mengelilingi bridge belt conveyor reclaimer, penggeraknya motor listrik, sedangkan sistem pelumasan untuk putaran bucket wheel menggunakan grease dengan lubrication central unit, dilengkapi dengan sistem magnetik monitor untuk mendeteksi putaran serta kontak box ( operasi single / local ). Cara kerja automatic dari reclaimer adalah hubungan sinkron antara bucket wheel, carriage traverse, bridge belt conveyor dan travel unit. Karena putaran bucket wheel konstan, kecepatan carriage traverse dan bridge belt conveyor tetap atau konstan sedangkan kecepatan travel unit bisa diatur sesuai jumlah BAHAN BAKU yang akan diambil.


0 komentar:

Posting Komentar

Rekan Alumni yang terhormat,kami admin berusaha lebih mendekatkan info ke ruang pribadi anda.semoga komunitas milis ini sebagai tag additional setelah ruang wicara yang telah berjalan,
Bila kita mau bersaudara..tidak ada kata yang membatasi ruang dan waktu walau hanya 5 (lima) menit kawan.