Kamis, 28 Mei 2009

ABSORBER

Proses Pemisahan Gas CO2.

Absorber merupakan satu alat pemisahan gas pereduksi bijih besi di hyl-III. Khusus pemisahan komponen gas dari unsur gas CO2 ( 10 % menjadi 1,5 % ).yang memberikan efektifitas penggunaan gas lebih baik dan kebutuhan akan reducing gas make- up pada reduksi menjadi lebih rendah.

Peralatan unit CO2 absorber ini di sirkuit reduksi, diantara after cooler 471-C1/ C2 dan inlet gas reformer ( mixture point gas ) masuk ke gas heater 404- B1/ B2.

Hyl- III mempunyai 2 unit absorber tower 323- E1/ 2 dan satu stripper 324- E, dua Heat Exchanger, pompa serta peralatan penunjang operasi.

Kandungan CO2 dalam gas umpan recycle ( outlet reactor ) di absorb 10 % vol.-menjadi 1,5 % vol., tekanan gas recycle ini 6,10 kg/cm2 absolut dan temperatur 44 * C.

Masuk dari bottom 323- E1/ E2 naik ke atas dan kontak berlawanan arah dengan cairan larutan ucarsol yang turun dari top 323- E1/E2.


Jenis CO2 absorber tower yakni packed tower, dimana 2 ( dua) paket bed yang berisi packing yang digunakan untuk media kontak gas /liquid masing – masing berdiameter 3,2 meter dan tinggi 28 meter,menggunakan packing Intallox Saddles IMTP 50 untuk distribusi gas dan liquid.

CO2 yang diserap keluar lewat top absorber dengan tekanan 5,95 kg/ cm2 absolut dan temperatur 44 *C dilewatkan ke Scrubbed Wash Washer 322- F untuk menangkap cairan ucarsol yang terbawa gas . 322- F ini dilengkapi dengan 4 wash trays ( baki penampung ) dan satu demisting pad ( penangkap kondensat ) untuk mencegah larutan carry over. Cairan kondensat di sirkulasikan dengan pompa 321- J1/ J2 / J 3/J4 untuk membersihkan gas buang CO2.

Keseimbangan air di jaga kualitasnya dalam sirkulasi untuk mencegah terbentuknya impuritis ( ketidak murnian )dengan menambah kondensat low pressure steam dengan control FIC 1723/ 2723, set point untuk flow control ini dari LIC 3200 di stripper tower 324- E.

Penambahan air yang kemudian di purgar dengan control LIC 1710/ 2710 dari scrubber gas washer ke rich solution dari absorber, sebelum kondensat low pressure steam ditambahkan, kondensat dari reboiler 326- F didinginkan dari 138 *C ke 44 *C di cooler 327 – C.


Aliran Sirkulasi Larutan Ucarsol.


Aliran sirkulasi ini kita awali dari outlet absorber dimana larutan yang kaya CO2 hasil penyerapan disebut dengan Rich Solution melewati heat exchanger, Heat Exchanger berfungsi sebagai alat pemindah panas mempunyai 279 plat dengan luas permukaan heat transfer 510 m2. ( lihat data peralatan utama ).

Panas yang dipindahkan oleh larutan Lean solution yang keluar dari bottom stripper 113 *C dan dipindah panaskan ke Rich solution 102,5 *C ( outlet absorber RS : 65,3 *C ) yang ber akibat lean solution turun temperaturnya hingga 76,1 *C masuk ke absorber.

Selanjutnya rich solution dengan panas 102,5 *C masuk lewat top stripper tower (menara stripper ) 324- E masuk dalam 2 tahapan aliran, yaitu spray untuk menyemprotkan larutan turun melewati baki penampung dimana pelat baki dilengkapi dengan sejumlah lubang uap, mempunyai valve tray sebagai distributor uap yang naik dari pemanasan larutan di reboiler ,dan pada sisi plat baki dipasang weir ( empang ) yang gunanya untuk menampung cairan dan cairan tumpah dari weir ( empang ) melalui down comer turun ke packing bed pertama dan cairan ditampung lagi oleh baki penampung kedua sebelum turun ke packing bed kedua ( proses turunnya larutan antara packing bed terjadi pemisahan CO2 yang terkandung dalam larutan dari perbedaan titik didih dan kandungan CO2 dari Rich Solution di kurangi / reduced dari 0,27 mol CO2/ mol Ucarsol menjadi 0,02 mol CO2/ mol Ucarsol ) dan turun lagi ke baki penampung ketiga ( draw - off tray ) yang mengarahkan larutan turun lewat down comer untuk seterusnya masuk ke shell side reboiler guna memanaskan larutan yang sudah dipisahkan dari CO2 ( lean solution ) dan larutan ini akan tumpah pada kondisi grafity (gaya bumi ) melewati empang ( weir ) di reboiler dan selanjutnya kembali ke bottom stripper pada temperatur 113,6 * C sebelum di recycle ke absorber.

0 komentar:

Posting Komentar

Rekan Alumni yang terhormat,kami admin berusaha lebih mendekatkan info ke ruang pribadi anda.semoga komunitas milis ini sebagai tag additional setelah ruang wicara yang telah berjalan,
Bila kita mau bersaudara..tidak ada kata yang membatasi ruang dan waktu walau hanya 5 (lima) menit kawan.