Senin, 29 Juni 2009

Perubahan yang terprogram.

,A. Toffler mengatakan "Change is not merely necessary for life, it is life" (Perubahan itu tidak harus, yang penting untuk hidup, melainkan hidup itu sendiri).
"Perubahan tidak seharusnya diiakukan secara reaksioner, melainkan harus diprogram. Dan perubahan dijadikan sebagai suatu strategi untuk mencapai tujuan secara menyeluruh tapi bertahap," pada pemerintahan orde baru dapat kita pelajari bagaimana perubahan dilakukan secara terencana yang kita kenal dengan rencana pembangunan lima tahun ( repelita ) dan perubahan ini terlihat dan terukur,kita tidak melihat pada sistem pemerintahan saat itu tapi kita melihat keberhasilan dari suatu perubahan yang terencana akan membawa kita pada satu kondisi yang memperlihatkan kemajuan yang alami dan adanya proses kreasi atau usaha.
Dimana perubahan itu dikelola atas dasar sumber daya yang ada dan sesuai dengan aturan yang berjalan di karenakan subjek dan objek yang berubah serta terkendali. Dari pengalaman ini kita bisa melihat perubahan yang terjadi dapat terfokus dan melakukan prioritas kebutuhan dari segala kegiatan yang dibutuhkan masyarakat tanpa meninggalkan faktor yang lain.
Setidaknya ada 4 (empat) faktor dari obyek perubahan, yaitu :
1. Manusia sebagai pribadi & komunitas,
2. Budaya kerja sama ( terpadu ),
3. Proses kreasi atau usaha dan
4. komunikasi Informasi .
secara umum, pada dasarnya hanya ada 3 ( tiga ) faktor yang mempengaruhi :
1. .Manusia sebagai pribadi & komunitas
2. Komunikasi Informasi
3. dan. Proses kreasi atau usaha
Budaya kerja ,nilai semangat yang mengikat di dalam kelompok merupakan suatu keharusan yang harus dimiliki.

Perubahan yang mendasar dari suatu pengelolaan sumber daya adalah berubah dari mengerjakan yang tidak sejalan dengan aturan menjadi bekerja sesuai dengan aturan yang ditetapkan.
4 (empat) hal utama sebagai tuntunan perubahan.:
1. lakukan setting prioritas
2. fokus
3. kerjakan yang terpenting
4. berusaha untuk lebih efektif .

0 komentar:

Posting Komentar

Rekan Alumni yang terhormat,kami admin berusaha lebih mendekatkan info ke ruang pribadi anda.semoga komunitas milis ini sebagai tag additional setelah ruang wicara yang telah berjalan,
Bila kita mau bersaudara..tidak ada kata yang membatasi ruang dan waktu walau hanya 5 (lima) menit kawan.