Senin, 25 Januari 2010

Gaya belajar yang seperti apa, bisa cocok untuk KAMU

Gaya belajar yang berbeda hanyalah pendekatan atau cara menerima pembahasan yang diajarkan.

Apa saja jenis gaya belajar itu ?

Visual Learners: Pelajar visual:
learn through seeing ... . belajar melalui melihat ....

Pembelajar ini harus melihat bahasa tubuh dan ekspresi wajah guru untuk sepenuhnya bisa memahami isi pelajaran. Mereka cenderung lebih suka duduk di depan kelas untuk menghindari penghalang visual (misalnya kepala orang). Mereka mungkin dapat berpikir dalam bentuk gambar dan belajar secara terbaik dari tampilan visual, termasuk: diagram, ilustrasi buku-buku teks, overhead transparansi, video, flipchart dan hand-out. Selama kuliah atau ruang kelas diskusi, pelajar visual sering lebih suka mengambil catatan terperinci untuk menyerap informasi.

Auditory Learners: Auditory Learners:
learn through listening ... belajar melalui mendengarkan ...

Mereka dapat belajar dengan baik melalui bentuk verbal seperti ceramah, diskusi, bicara hal-hal melalui dan mendengarkan apa yang dikatakan orang lain. Pembelajar auditori menafsirkan makna-makna yang mendasari pembicaraan dengan mendengarkan nada suara, intonasi, kecepatan dan nuansa lain. Informasi tertulis mungkin hanya memiliki sedikit arti sampai terdengar. Pembelajar ini sering mendapat manfaat dari membaca teks dengan keras dan menggunakan alat perekam.

Tactile/ Kinesthetic Learners: Taktil / kinestetik peserta didik:
learn through , moving, doing and touching... mendapatkan melalui, bergerak, melakukan dan menyentuh ...

Taktil / Kinestetik seseorang dapat belajar dengan baik melalui ..tangan-pendekatan, secara aktif menjelajahi dunia fisik di sekitar mereka. Mereka mungkin merasa sulit untuk duduk diam untuk waktu yang lama dan dapat menjadi terganggu oleh kebutuhan mereka berkonsentrasi untuk kegiatan dan eksplorasi dalam memahami sesuatu.

Semoga bermanfaat dan kita bisa mengenali cara atau gaya kita belajar selama ini, jadi bilamana ada orang lain yg berbeda cara dalam belajar maka kita tidak bisa men justifikasi bahwa orang itu aneh apalagi bodoh, ini perlu diketahui oleh para pengajar di sekolah sekolah..

source.ldpride.net/ld-online.

0 komentar:

Posting Komentar

Rekan Alumni yang terhormat,kami admin berusaha lebih mendekatkan info ke ruang pribadi anda.semoga komunitas milis ini sebagai tag additional setelah ruang wicara yang telah berjalan,
Bila kita mau bersaudara..tidak ada kata yang membatasi ruang dan waktu walau hanya 5 (lima) menit kawan.